Home » » Mengenal Blog

Mengenal Blog

Mengenal Blog
Sobat Hots Spotz sebelum sobat membuat sebuah blog, alangkah baiknya sobat sekalian mengenal Blog terlebih dahulu, elemen dan cara pengunaanya. Sebuah blog berbeda dengan website atau situs, blog dimiliki dan dikelola oleh perorangan atau milik pribadi. Dan isinya berupa posting-an tulisan yang disusun berdasarkan tanggal dari yang terbaru sampai yang paling lama. Sebuah blog yang baik, seharusnya memuat tulisan atau posting-an yang di-update (dipublikasi) secara teratur. Kelebihan blog dibanding website adalah sebuah blog biasanya memuat komentar dari para pengunjung blog mengenai tulisan yang ada di blog tersebut. Komentar dari pengunjung ini biasanya ada pada bagian akhir suatu tulisan. 

Kelebihan yang lain bila seseorang memiliki blog adalah orang tersebut tidak perlu dipusingkan lagi dengan bahasa program untuk tampilannya. Seseorang masih bisa mengubah tampilan blog yang diberikan oleh penyedia layanan blog. Sehingga blog yang dimilikinya mempunyai tampilan dan fitur-fitur yang berbeda dari standar yang diberikan oleh penyedia layanan blog

Beberapa alasan kenapa banyak sobat Hots Spotz ingin mempunyai sebuah blog sendiri adalah :

  1. Keinginan untuk berbagi (sharing) ide dan ilmu. Terasa kurang berkah bila ilmu pengetahuan yang mereka miliki hanya disimpan sendiri. Sebagian orang menyukai untuk ‘menularkan’ ilmu yang dimilikinya ke orang lain. Ada rasa senang bila orang lain bisa atas jasa darinya. 

  2. Untuk memperoleh pengakuan. Sebagian orang ingin menunjukkan bahwa dia memang ahli dalam suatu bidang 

  3. Blog mudah dibuat. Ini salah satu alasan kenapa orang menyukai blog. Beberapa penyedia blog bahkan mempermudah pendaftarnya untuk mempunyai blog. Bahkan untuk seorang yang tidak pernah membuat website dan tidak mengerti pemrograman web sekalipun. 

  4. Blog lebih mudah dikelola ketimbang sebuah website. Alasan ini juga menyebabkan orang lebih memilih blog. Seseorang masih bisa mengubah tampilan dari blog yang diberikan oleh penyedia layanan blog. Sehingga blog yang dimilikinya mempunyai tampilan dan fitur-fitur yang berbeda dari standar yang diberikan oleh penyedia layanan blog

  5. Mempromosikan diri. Jika sobat Hots Spotz mempunyai sebuah karya, baik dalam bentuk tulisan atau yang lain, maka merupakan ide yang baik bila Anda mempromosikan karya tersebut ke dalam sebuah blog. Dengan harapan banyak orang yang melihat dan memperhatikan karya yang Anda buat. Hal ini penting agar karya sobat Hots Spotz dapat diketahui oleh masyarakat luas. 

  6. Mengetahui komentar dari masyarakat. Dalam sebuah blog, terdapat suatu fitur yang bernama comment. Dengan fitur ini, setiap pengunjung blog dapat memberikan komentarnya terhadap suatu tulisan di dalam blog. Bahkan fitur comment inilah yang memberi nilai lebih suatu blog ketimbang website. Manfaat komentar yang sobat Hots Spotz dapat adalah bila komentar tersebut berupa pujian atas posting-an yang sobat Hots Spotz buat, diharapkan dapat memotivasi sobat Hots Spotz untuk bekerja lebih giat lagi. Akan tetapi, jika komentar tersebut berupa kritikan, diharapkan dapat mendorong sobat Hots Spotz untuk mengoreksi dan memperbaiki diri. Dengan banyaknya komentar dalam blog Anda, membuat blog yang sobat Hots Spotz miliki terasa lebih ‘hidup’.

  7. Sebagai buku harian online. Sebagian sobat Hots Spotz menggunakan blog sebagai media pengganti buku harian. Biasanya berisi pengalaman pribadi yang dijalaninya setiap hari. Ada juga blog yang memuat catatan perjalanan seorang wartawan. Mungkin kisah perjalanannya dirasa perlu untuk dicatat dan diketahui oleh orang banyak.
Demikian sekilas pengenalan tentang blog dan fungsinya, masih banyak elemen-elemen yang terdapat di dalam blog yang sobat Hots Spotz perlu ketahui. Untuk itu Hots Spotz menyarankan agar sobat membuat blog di blogspot, agar mempermudah pemahaman sobat mengenai sebuah blog.

Written by : Hots Spotz - Info career, articles, tips & tricks, healty and entertainment for yours life style

Hots Spotz Tak berhasil bukan karena gagal tapi hanya menunggu waktu yang tepat untuk mencoba lagi menjadi suatu keberhasilan, hanya orang gagal yang merasa dirinya selalu berhasil dan tak mau belajar dari kegagalan. Salam sukses dari Hots Spotz.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 comments:

Post a Comment