Home » » Funsi Menu Dashboard di Blog

Funsi Menu Dashboard di Blog

Tutorial tersebut ditujukan bagi sobat Hots Spotz yang baru atau mau belajar membuat blog di blogger agar mengenal fungsi menu dashboard di blogger. Di dalam dashboard blogger terdapat menu seperti di bawah ini :

Funsi Menu Dashboard di Blog


  • Entri Baru / New Post : Menu tersebut berguna untuk membuat article baru yang akan sobat publishkan. 

    Disini sobat bisa membuat postingan sobat, memberi judul postingan, mengatur cara penulisan dan memasukan gambar serta link tautan sobat. Sobat dapat mengatur setelan entri diantaranya dngan memberi label pada postingan sobat, mengatur jadwal, mengatur tautan, memilih lokasi, membuat deskripsi penelusuran dan mensetting komentar serta metode penulisan.

  • Ikhtisar / Overview : Menu ini berguna untuk memonitor atau melihat berapa banyak pengunjung blog sobat, berapa banyak pos ( artikel ) yang sudah sobat buat, berapa banyak komentar yang ada di blog sobat dan masih banyak lagi yang lain. Intinya menu ini untuk menampilkan statistik blog secara ringkas.

  • Pos / Post : Menu tersebuat berguna untuk Menampilkan semua postingan pada blog kita, yang sudah di terbitkan maupun yang belum di terbitkan.
    Disini sobat bisa mengedit postingan sobat, menghapus postingan sobat, melihat jumlah komentar dan jumlah tampilan.

  • laman / Pages : Menu tersebut berguna untuk membuat sebuah halaman atau page, Laman ini bisa juga disebut menu pada blog kita
    Disini sobat bisa menambahkan halaman atau page baru, mengatur supaya pengunjung blog sobat ke alamat web lain yang sobat tentukan. Sobat dapat mengatur tampilan dan letak halaman serta judul halaman. 
     
  • Komentar / Comments : Menu tersebut berguna untuk menampilkan semua komentar pada blog.
    Disini sobat dapat mengedit komentar yang telah dipublikasikan, sobat dapat mnghapus komentar maupun konten yang bersangkutan serta menjadikannya spam.
     
  • Google+ / Stats : Menu tersebut berguna untuk menambahkan blog anda ke dalam profil Google+ anda.
    Disini sobat dapat mengatur profil google yang akan terkait dengan blog dan sobat juga bisa membuat bussiness page
     
  • Statistik / Earnings : Menu tersebut berguna untuk Menampilkan statistik blog secara lengkap.
    Disini sobat dapat melihat berapa banyak pengunjung blog sobat, berapa banyak pos ( artikel ) yang sudah sobat buat, berapa banyak komentar yang ada di blog sobat.  
  • Tata Letak / Layout : Menu tersebut berguna untuk Menampilkan dan mengatur tata letak widget pada blog.
    Tata Letak yang ada di blogger adalah bagian atau susunan dari badan blogger. Seperti yang bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini. Sobat Hots Spotz dapat melakukan Tambahkan, hapus, edit gadget di blog sobat. Serta sobat juga dapat memindahkan gadget dengan cara click, tahan dan seret untuk menata ulang gadget.
Funsi Menu Dashboard di Blog
    Bagian atau susunan tata letak suatu blog terdiri dari :
    > HEADER
    Header pada blogger adalah sebagai bagian kepala blogger. Pada bagian header berisi tentang judul blog (Blog Title) sebagai identitas atau nama blog itu sendiri. Header juga bisa dikatakan sebagai tema blog, pada nama blog yang terdapat pada header ini, juga bisa kita ganti dengan gambar, sehingga akan membuatnya lebih menarik.
    Google akan mengindex halaman blog itu sesuai dengan judul atau deskripsi yang di pasang pada blog sobat yang berada pada bagian Header ini. Buatlah judul Blog sobat yang menarik dan beda dari yang lainnya, agar blog sobat mudah di index oleh google, karena google menyukai sesuatu yang unik dan beda.

    > CONTENT BLOG

    Didalam Content Blogger ini terdapat 2 bagian yaitu :

    1. Post Body

    bagian ini adalah Bagian tempat yang menampung dimana semua tulisan yang telah sobat publikasikan dapat muncul.

    2. Side Bar

    Bagian tempat yang menampung dimana semua Widget/Gadget yang sobat tambahkan sebagai penghias untuk mempercantik blog. Sobat dapat dengan mudah untuk menambahkan beberapa widget/gadget baik yang telah disediakan oleh blogger atau kode java script yang anda inginkan. 

    > FOOTER

    Bagian ini adalah bagian bawah/kaki blog. Biasanya pada bagian footer ini berisikan tentang informasi hak cipta atau nama si pemilik blog itu sendiri.

    > DESIGNER TEMPLATE

    Adalah halaman dimana sobat dapat mengatur dan mengubah gaya dari blog sobat, pada halaman ini anda dapat mengatur lebar kolom, lebar bagian posting atau lebar sidebar. Sobat dapat mengatur kolom menjadi beberapa bagian, sobat juga dapat merubah gaya tulisan (font), mengganti warna dan memberi background dengan gambar pada blog sobat

    Catatan :
    Desainer Template hanya bisa digunakan pada template standar yang ada pada blogger, dan sobat dapat menambah dan mengatur gadget. Jika sobat menggunakan template sobat sendiri / upload template gratisan. maka sobat tidak bisa menggunakan fasilitas Desainer Template ini.

  • Template / Tempate : Menu tersebut Untuk mengganti atau mengedit template blog.
    Template blog atau Template website itu adalah desain-desain halaman blog atau pun halaman website beserta seluruh komponennya baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web. Template bisa juga anda artikan sebagai tema blog atau tampilan blog. Seperti yang anda lihat saat ini di blog belajar blog dan seo, bahwa terlihat tatanan gambar atau tampilan serta tulisan di layar monitor anda, itulah yang dinamakan template. 

    Di blogger atau blogspot, sobat dapat mengganti template blog sobat secara leluasa sesuai dengan selera dan keinginan sobat. Jika sobat telah mahir membuat template sendiri, sobat dapat menggunakan template tersebut untuk blog sobat. Namun  jika sobat masih awam dalam membuat template, pihak blogger atau blogspot sendiri telah menyediakan beberapa template yang bisa sobat pilih sesuai dengan keinginan.

    Atau sobat dapat mendownloadnya secara gratis dari situs yang menyediakan template, salah satu contoh website yang menyediakan template blogger tersebut adalah www.mastemplate.com. Namun jika sobat menggunakan template gratis, syarat yang harus ditaati adalah tidak boleh menghapus atau menghilangkan credit link dari pembuat template tersebut.
     
  • Setelan / Settings : Menu tersebut Untuk pengaturan blog yang meliputi bahasa, pos,komentar, dan lain-lain.
    1. Dasar : 
    Judul : 
    Click “Edit” jika sobat ingin melakukan perubahan terhadap judul yang ada atau biarkan saja jika judulnya sudah sesuai keinginan. 
    Deskripsi :
    Click “Edit”, kemudian isi dengan deskripsi blog yang ingin ditampilkan, sebaiknya ini diisi jangan dikosongkan, lanjutkan dengan klik tombol “Simpan perubahan”.
    Privasi :
    Sebaiknya biarkan sesuai pengaturan asli, lakukan edit apabila blog anda ingin di jadikan blog private (tertutup bagi umum).
    Alamat Blog :
    Biarkan apa adanya, kecuali bila anda ingin mengubah alamat blog dengan domain milik sendiri.
    Penulis Blog :
    Sobat bisa menambahkan penulis blog dngan cara mengundangnya, Walaupun sobat sibuk tetapi masih ada usr lain yang bisa trus mng update blog sobat.
    Pembaca Blog :
    Biarkan saja apa adanya jika blog sobat ingin di bisa di baca oleh umum, lakukan edit bila blog sobat hanya bisa di baca oleh orang-orang tertentu yang sobat pilih
    2. Pos dan Komentar :
    Tampilan Sebanyak Mungkin
    Sobat dapat merubah banyaknya tampilan postingan yang ada di halaman muka dengan mengati jumlah angka dan sobat juga dapat mrubahnya berdasarkan jumlah hari atau postingan.
    Templat entri
    Templat pos membuat pra-format editor dengan teks atau kode yang akan tampil setiap kali sobat membuat postingan baru.
    Tampilkan Gambar Dengan Light Box
    Fungsinya untuk menampilkan atau tidak menampilkan gambar yang ada di blog sobat
    Lokasi Komentar
    Dengan tersemat, sobat dapat membalas dari pos, Halaman penuh dan Jendela munculan akan mengarahkan sobat ke laman baru. Perhatikan: memilih sembunyikan tidak akan menghapus komentar yang ada. Sobat dapat menampilkannya kapan saja dengan memilih opsi yang lain..
    Siapa Yang Dapat Mengomentari
    Sobat dapat memilihnya sesuai pilihan yang tersedia
    Moderasi Komentar
    Sobat dapat memilihnya sesuai pilihan yang tersedia
    Tampilkan Verifikasi Data
    Ini akan mewajibkan setiap yang meninggalkan komentar di blog sobat untuk menyelesaikan langkah verifikasi kata, yang akan membantu mengurangi spam komentar. Sobat bisa pelajari lebih lanjut tentang verifikasi kata
    Tampilkan Tautan Balik
    Pilih “Sembunyikan” bila sobat tidak ingin menampilkan link siapa saja yang membuat tautan (link) ke postingan bersangkutan. Atau Pilih “Tampilkan” bila sobat ingin menampilkan tautan. 
    Pesan Formulir Komentar
    Silahkan di isi, jika sobat ingin menampilkan pesan diatas kotak komentar nantinya, misal : Silahkan jika sobat yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan. Atau di kosongkan bila sobat tidak ingin menampilkan pesan komentar.

    3. Selular dan Email

    Mempublikasikan Entri Menggunakan SMS / MMS

    Menu ini berguna apabila nantinya ingin mempublikasikan artikel melalui ponsel, silahkan baca lebih lanjut keterangan yang ada di sana.

    Mempublikasikan Entri Menggunakan Email

    Fasilitas ini memungkinkan sobat untuk mengirimkan postingan melalui email

    Email Pemberitahuan Komentar

    Isi dengan alamat email yang di inginkan, bila setiap ada komentar pada artikel blog sobat akan di beritahukan secara otomatis ke alamat email yang sobat  masukan. Atau kosongkan jika tidak menginginkan.

    Email Entri Ke

    Masukkan daftar email (maksimal 10), dipisahkan dengan koma agar blog sobat dapat dikirim ke mereka kapanpun ada yang baru.

    4. Bahasa dan Pemformatan

    Menu ini untuk mengatur bahasa dan format waktu di blog sobat

    5. Preferensi Penelusuran

    Sobat dapat memberikan deskripsi tag meta blog sobat untuk terindex di search engine. Sobat juga dapat mmbrikan pengalihan halaman web yang tidak di tmukan ke halaman yang diinginkan

    6. Lainnya

    Alat Blog

    Impor blog : Fasilitas untuk mengimpor blog, dengan ini sobat bisa memindahkan file dari blog lain. 

    Ekspor Blog :  Fasilitas untuk mengekspor blog, jika sobat bermaksud memindahkan isi blog ke blog yang lain. Fasilitas Ekspor blog ini juga berguna untuk sarana backup data, silahkan lakukan backup data secara rutin agar apabila suatu saat terjadi hal yang tidak di inginkan, sobat masih punya data untuk di masukan ke blog baru sobat.

    Hapus blog : Fasilitas untuk menghapus blog, jangan pernah klik ini apabila blog sobat tidak ingin terhapus.  xixiiiiiiixxixixiixiiii


    Izinkan Umpan Blog

    Silahkan pilih sesuai keinginan, terkadang ada baiknya anda memilih mode “Penuh” namun terkadang perlu juga untuk di setting ke pilihan lain.

    Posting URL Pengubahan Arah Feed

    Jika sobat telah menyalurkan umpan entri dengan FeedBurner, atau menggunakan layanan lain untuk memproses umpan, masukkan URL lengkap umpan di sini. Blogger akan mengalihkan semua lalu lintas umpan ke alamat ini. Biarkan kosong jika tidak dialihkan.

    Footer Feed Posting

    Sobat dapat mengisinya atau pun tidak,sebagai contoh Hots Spotz mengisi footer feed posting dengan "<a href="htttp://hotsspotz.blogspot.com">Copyright by: Hots Spotz</a>"

    Aktifkan Tautan Judul dan Tautan Lampiran

    Ini akan menambahkan opsi tautan judul dan tautan lampiran di editor pos. Tautan judul memungkinkan sobat menetapkan URL khusus untuk judul pos sobat. Tautan lampiran digunakan untuk membuat podcast, MP3, dan konten lainnya yang ada di postingan. sobat dapat diputar di umpan seperti RSS dan Atom.

    URL OpenID

    URL OpenID dapat digunakan untuk masuk ke situs lain yang mengaktifkan verifikasi identitas dengan OpenID. Sobat juga dapat mengizinkan pengguna OpenID untuk memberi komentar pada blog sobat dengan menyesuaikan setelan Komentar.

    Konten Dewasa? 

    Pilih tidak bila isi blog sobat bukan berisi konten khusus dewasa

    ID Properti Web Analytics

    Tambahkan Google Analytics ke blog sobat untuk melihat bagaimana interaksi pengunjung dengan situs sobat. Tambahkan ID Properti Web Google Analytics sobat untuk mulai melacak blog sobat. Setelan ini dikhususkan untuk template tampilan dinamis dan tata letak. Jika blog sobat menggunakan template klasik, sobat harus menambahkannya secara manual ke template biasa.

Written by : Hots Spotz - Info career, articles, tips & tricks, healty and entertainment for yours life style

Hots Spotz Tak berhasil bukan karena gagal tapi hanya menunggu waktu yang tepat untuk mencoba lagi menjadi suatu keberhasilan, hanya orang gagal yang merasa dirinya selalu berhasil dan tak mau belajar dari kegagalan. Salam sukses dari Hots Spotz.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

5 comments:

  1. Masa pada setelan menu lainnya bagaimana cara pengaturan untuk rss feed kita ? di setelan preferense penelusuran

    ReplyDelete
  2. http://i.imgur.com/0lSWeBO.jpg

    HALO kami dari ♥♦♣♠CUMAPOKER♠♣♦♥ | Agen Poker Dan DominoQQ Terpercaya Dan Terbesar Se Indonesia !!

    Permainan Yang Di Sediakan 6 Game dalam 1 user Id

    *Bandar Poker
    *Poker
    *AduQ
    *BandarQ
    *Domino
    *Capsa
    Kami juga menyediakan permainan *Joker Slot dan *Sabung Ayam Lohh

    *Promo Yang di sediakan Cumapoker:
    -Bonus Turnover Up to 0.5% (Turnover Dalam 1 Minggu Akan di Totalkan)
    -Bonus Referal 20% (Berlaku Seumur Hidup)

    Ayo tunggu apa lagi, Segera Daftar dan Bergabung dengan Cumapoker.com
    Player vs Player NO ROBOT !!!!

    Langsung Daftar saja :www.cumapoker.com/Register.aspx?ref=92090

    BBm custumer kami :Anita - (7AA561BC) | kezia - (2BE3DCA9)
    Facebook : cumapoker228@gmail.com
    Phone : +85585569262
    skype: Cumapoker
    Yahoo: Cumapoker88@yahoo.com

    ReplyDelete
  3. Makasih sob, semoga next bisa membuat postingan yang menyangkut entry post dan bagaimana cara menggunakan fitur-fitur yang ada di dalamnya ketika kita membuat draft

    ReplyDelete